50 Mahasiswa Asing Akan Promosikan Batik

23Oct09

Sebanyak 50 mahasiswa asing peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia(BSBI) dari Departemen Luar Negeri (Deplu) Republik Indonesia akan mempromosikan batik di negara mereka masing-masing.

“Untuk persiapan mereka dalam mempromosikan batik, 50 mahasiswa asing dari 31 negara tersebut kami ajak melakukan kunjungan di sejumlah sentra pembuatan dan penjualan batik di Kota Solo, Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Kota Solo, Purnomo Subagyo di Solo, Rabu.

Dalam persiapan tersebut, kata dia, ada tiga tempat yang dikunjungi para mahasiswa asing tersebut, antara lain Kampung Wisata Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan dan sentra batik Pasar Klewer.

“Mereka akan melihat proses pembuatan batik serta mendapat penjelasan mengenai corak-corak batik dan filosofinya,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, para mahasiswa asing tersebut juga diberi kesempatan mempraktekkan beberapa tahap pembuatan batik.

“Kekaguman para mahasiswa asing tersebut pada budaya Indonesia, terutama batik, menjadi modal dalam promosi yang akan dilakukan di negara-negara asal para mahasiswa tersebut,” kata Purnomo.

Read More



No Responses Yet to “50 Mahasiswa Asing Akan Promosikan Batik”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: