Bahasa Suroboyoan Jarang Digunakan Di Acara Formal

23Oct09

Bahasa Suroboyoan yang selama ini dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi warga Kota Surabaya, Jawa Timur, hingga kini masih jarang digunakan di acara-acara formal.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Aribowo, di Surabaya, Kamis, mengatakan, secara defakto atau sosiologis bahasa Suroboyoan masih sebatas bahasa komunikasi informal.

“Bahasa Suroboyoan adalah bahasa pergaulan di lingkungan masyarakat Surabaya, dan sangat jarang dipakai di acara-acara formal,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, kalangan masyarakat di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk acara-acara formal seperti pernikahan maupun acara lainnya, hingga kini masih banyak menggunakan bahasa “Jawa Mataraman” (Bahasa Jawa kromo inggil adaptasi dari keraton Surakarta dan Yogyakarta, red), “Pandalungan” (Jatim belahan Timur) maupun bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa Jawa Mataraman dan Indonesia sebagai bahasa formal, lanjut dia, dikarenakan Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta yang dihuni selain warga asli juga warga pendatang dari beberapa daerah di Indonesia.

Tentunya dengan banyaknya warga pendatang yang berbeda suku dan bahasa daerah tersebut, membuat sebagian besar warga Surabaya memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa formal.

Sedangkan alasan bahasa Jawa Mataraman sering juga dipakai di acara formal, karena banyak warga yang tinggal di Surabaya berasal dari Mataraman seperti Kediri, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Ponorogo, Tulungagung, Blitar dan lainnya.

Read More



No Responses Yet to “Bahasa Suroboyoan Jarang Digunakan Di Acara Formal”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: