DK PBB Serukan Penguatan Kerjasama Irak dan Kuwait

23Oct09

Dewan Keamanan (DK) PBB Kamis menyeru Irak dan Kuwait untuk melipatgandakan upaya mereka dalam mencari orang dan harta yang hilang sejak Perang Teluk 1990.

Duta Besar Vietnam di PBB Le Luong Minh, yang memegang jabatan bergilir presiden DK bulan Oktober, mengatakan dalam satu pernyataan yang dibacakan kepada pers di Markas PBB di New York, Amerika Serikat, kemajuan di bidang itu “akan kian memperkuat hubungan persahabatan antara Irak dan Kuwait”.

“Anggota DK menyatakan bahwa kemajuan terbatas telah dicapai dalam mengidentifikasi kerangka manusia” dalam beberapa bulan belakangan, katanya.

Mereka juga menyatakan bahwa tak ada kemajuan yang telah dicapai dalam menjelaskan nasib arsip nasional Kuwait, katanya. Namun, DK, yang memiliki 15 anggota, menyambut baik pengembalian oleh pemerintah Irak mata uang dan cap pos kepada Kuwait.

“Anggota DK juga menyambut baik Rencana Aksi Pemerintah Irak mengenai kegiatan pengawasan, termasuk pengiriman tim teknis ke tempat pemakaman dan persiapan mereka untuk melakukan penggalian, dan sangat menantikan pelaksanaannya dalam beberapa bulan ke depan,” katanya.

Pernyataan tersebut dikeluarkan menyusul pertemuan tertutup DK dengan Duta Besar Gennady Tarasov, Koordinator Tinggi Sekretaris Jenderal PBB urusan warganegara Kuwait dan negara ketiga yang hilang serta pengembalian harta Kuwait.

Tarasov memberi penjelasan kepada semua anggota DK mengenai laporan paling akhir Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon. Di dalam laporan tersebut, ia menyatakan beberapa bulan belakangan telah membawa sebagian “petunjuk awal mengenai gerakan” dalam masalah itu.

Read More



No Responses Yet to “DK PBB Serukan Penguatan Kerjasama Irak dan Kuwait”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: