Uni Eropa Takkan Akui Hasil Pemilu Honduras

23Oct09

(Vibizdaily – Internasional) Seorang pejabat Uni Eropa pada Kamis mengatakan blok beranggotakan 27 negara itu tidak akan mengakui hasil pemilihan umum Honduras bila tidak ada kesepakatan antara pemerintah defakto dan presiden terguling, Manuel Zelaya.

Kepala Misi UE untuk Afrika Tengah, Petros Mavromichalis, mengatakan, “Dalam situasi politik yang kacau saat ini pihaknya sulit mengakui hasil pemilu itu, kecuali bila Hoduras berubah.”

Menurut dia, kedua pihak yang bertikai harus memiliki kemauan politik untuk menemukan pemecahan atas krisis berkepanjangan di negara yang dilanda konflik, kekerasan sosial dan ketidakpastian hukum.

“Situasi di Hoduras saat ini tidak memungkinkan adanya ruang bagi pemilu yang bebas dan demokratis. Itulah sebabnya mengapa Uni Eropa tidak mengirimkan para pengawas untuk mendukung pemilu tersebut,” katanya.

Mavromichalis mendesak negara-negara tetangga Honduras seperti Panama memainkan peranan yang lebih penitng untuk membantu pemecahan krisis Honduras.

Sementara itu, para juru runding Honduras pekan lalu mengajukan rencana untuk memulihkan kekuasaan Presiden terguling Manuel Zelaya, namun pemerintah de fakto mengatakan pihaknya belum menyetujuinya.

Read More



No Responses Yet to “Uni Eropa Takkan Akui Hasil Pemilu Honduras”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: