WHO: Vaksinasi Paling Efektif untuk Cegah Flu A/H1N1

23Oct09

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan pada Kamis mengatakan paling efektif dan jalan terbaik untuk membendung penyebaran flu A/H1N1 adalah vaksinasi.

Chan pada Jumat (23/10) menerima penghargaan bergengsi “Asturias Prize for International Cooperation” sebagai penghormatan atas berbagai prestasi badan kesehatan dunia tersebut.

Chan mengatakan flu A/H1N1 atau biasa disebut flu babi merupakan pandemi pertama dalam abad ke-21.

Karena firus itu tidak bisa diprediksi, maka penting dilakukan pencegahan dengan vaksinasi untuk pencegahan dalam 12 bulan ke depan.

Menurut Chan, meskipun risiko virus A/H1N1 itu sedang, namun virus itu telah berjangkit di 195 negara di seluruh dunia, dan evolusinya masih tetap berlangsung.

Chan juga memperingatkan bahwa virus A/H1N1 itu dapat saja berisiko lebih tinggi bagi kalangan tertentu, seperti wanita hamil dan anak-anak yang berusia di bawah lima tahun, karena mungkin menimbulkan pneumonia yang sulit diobati.

Menurut dia, vaksin pencegah virus A/H1N1 di pasar telah memiliki sertifikasi.

Sementara itu negara-negara Amerika Latin mencakup Kuba, Meksiko dan Venezuela pada Rabu mulai menyelenggarakan serangkaian pertemuan di Panama untuk membahas pembelian dan penggunaan vaksin flu A/H1N1.

Jose A. Escamilla, wakil Organisasi Kesehatan Pan Amerika, mengatakan kepada Xinhua bahwa para peserta akan menetapkan prosedur-prosedur dan kelompok-kelompok prioritas yang menerima vaksin itu.

Read More



No Responses Yet to “WHO: Vaksinasi Paling Efektif untuk Cegah Flu A/H1N1”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: