2 Mantan Kepala Dinas Dikpora Solo Didakwa Korupsi

16Dec09

Pradja Suminta dan Amsorie, dua mantan kepala dinas pendidikan, pemuda dan olahraga (Dikpora) Pemkot Surakarta, menjalani sidang pertama di PN Surakarta, Rabu (16/12/2009). Keduanya didakwa melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus pengadaan buku ajar dengan total kerugian negara Rp 3 miliar lebih.

Amsorie adalah kepala dinas Dikpora Kota Surakarta setelah Pradja Suminta. Saat ini Amsorie menjadi staf ahli Walikota Surakarta. Persidangan atas keduanya berlangsung terpisah. Pradja lebih dulu disidang, baru setelahnya persidangan untuk Amsorie digelar.

Dugaan korupsi itu bermula dari alokasi dana bantuan sarana pendidikan pada APBD Kota Surakarta tahun 2003 sebesar Rp 11 M. Pradja Suminta yang saat itu menjabat kepala dinas Dikpora mengajukan permohonan pengadaan buku ajar dan alat peraga untuk para siswa SD hingga SMA sebesar Rp 10,8 M.
?
Seharusnya, proyek tersebut dilaksanakan melalui tender. Namun saat itu Suminta mengusulkan pengadaan melalui mekanisme penunjukkan langsung kepada PT Balai Pustaka. Usulan tersebut disetujui Walikota Surakarta waktu itu, Slamet Suryanto. Sedangkan yang bertindak selaku pimpro adalah Amsorie.

Untuk memenuhi persyaratan administrasi, dibuat sebuah berita acara seolah-olah proses pengadaan telah melalui tender yang dimenagkan PT Balai Pustaka melalui proses lelang. Dibentuk pula sebuah kepanitiaan pengadaan. Namun dalam pelaksanaannya, kepanitiaan tersebut tidak dilibatkan.

Sumber : hukum indonesia



No Responses Yet to “2 Mantan Kepala Dinas Dikpora Solo Didakwa Korupsi”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: