KNKT Selidiki Kecelakaan Merpati di Makassar

22Dec09

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Departemen Perhubungan mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat Merpati MZ 766 Boeing 737-300 di Bandara Sultan Hasanuddin. Tim ini dipimpin ketua KNKT, Tatang Kurniadi.

Tatang menjelaskan, perlu waktu minimal 10 bulan untuk memastikan sebab-sebab tergelincirnya pesawat tersebut. KNKT juga akan mengirimkan draft laporan akhir investigasi ke pabrik pesawat Boeing di Amerika Serikat. Selanjutnya, pihak Boeing akan memberikan rekomendasi pada operator maskapai tentang pesawat pabrikannya.

Menurut Tatang, sesuai laporan pilot Zayarlie Zain, pesawat Merpati MZ 766 mengalami kegagalan landing gear system. Saat pesawat itu mendarat pada pukul 01.51 Wita, 21 Desember kemarin, cuaca hujan deras. Sesaat sebelum mendarat pesawat seperti terhempas ke landasan pacu, sehingga roda pesawat menjadi longgar dan akhirnya keluar dari landasan pacu sejauh 360 meter.?

Sesuai filosofi yang dianut oleh KNKT, lanjut Tatang, pihaknya hanya mencari fakta-fakta tanpa bermaksud menghakimi pihak operator maskapai. Hasil investigasi juga tidak dapat dijadikan dasar tuntutan ganti rugi oleh konsumen maskapai Merpati.

“Kita juga akan memeriksa dua kotak flight report atau kotak hitam pesawat naas itu,” ujar Tatang, saat menggelar jumpa pers di Makassar, Selasa (22/12/2009).

Sumber : politik indonesia



No Responses Yet to “KNKT Selidiki Kecelakaan Merpati di Makassar”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: