Taiwan dan China Adakan Perundingan di Tengah Protes

22Dec09

Utusan-utusan tinggi dari Taiwan dan China Selasa mulai berunding di balik pagar kawat berduri yang memisahkan mereka dari para pemrotes, yang berupaya menyetop pulau itu dihisap terus ke dalam orbit China daratan.

Chen Yunlin, kepala badan setengah resmi China yang menangani masalah Taiwan, memulai perundingan perdagangan di kota Taichung, di bagian tengah pulau yang diklaim oleh Beijing sebagai miliknya.

“Kami berharap pertemuan ini akan menghasilkan keberhasilan yang menyeluruh,” kata Chen, pada pembukaan pertemuan dengan timpalannya dari Taiwan, Chiang Pin-kung.

Pertemuan ini adalah keempat sejak Presiden Taiwan yang bersahabat dengan China, Ma Ying-jeou, mengambil alih kekuasaan pada Mei tahun lalu, dan bertolak pada program untuk mempererat hubungan kedua negara.

Para pemrotes anti China merancang demonstrasi sehari terhadap perundingan tentang perjanjian perdagangan yang kontroversial itu, yang mereka khawatirkan akan mendorong Taiwan semakin dekat dengan China.

“Taiwan tak pernah menjadi bagian dari China,” kata seorang pemrotes, Tsai Ting-kui.

“Kami ingin masyarakat global memahami ketidak inginan rakyat Taiwan untuk mendukung pilihan Ma Ying-jeou.”

Polisi mengirim sejumlah besar petugas di sekeliling hotel tempat perundingan dilangsungkan. Pemerintah tampaknya berusaha mencegah terulangnya peristiwa yang menimpa Chen dalam kunjungannya tahun lalu, ketika bentrokan keras meletus dengan para pemrotes.

Taiwan, yang berpenduduk 23 juta jiwa, telah membangun semangat demokrasi sejak dia berpisah dari China, pada akhir perang sipil pada 1949.

Sumber : artikel internasional



No Responses Yet to “Taiwan dan China Adakan Perundingan di Tengah Protes”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: