Total Koin Prita Rp 810 Juta, Disalurkan untuk Dana Kemanusiaan

30Dec09

Koin Keadilan untuk Prita Mulyasari selesai dihitung Bank Indonesia (BI). Total uang yang terkumpul mencapai Rp 810.940.402. Uang itu akan disalurkan untuk dana kemanusiaan.

Uang sebanyak itu terdiri dari koin logam Rp 589.073.143 dan uang kertas Rp 26.488.900. Sedangkan uang Prita di Bank Mandiri yang disetor pada 23 Desember 2009 sebesar Rp 92.353.475. Totalnya ada Rp 707.915.518. Sedangkan jika ditambah dari cek-cek bantuan dermawan, total Rp 810.940.402.

Ratusan juta koin itu dihitung petugas Bank Indonesia selama 5 hari. Bagian kasir BI mengerahkan 7 orang dan dibantu 16 orang dari Bank Mandiri.

“Nantinya, uang ini akan kita gunakan untuk tujuan atau dana kemanusiaan,” kata Prita usai acara penghitungan koin di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2009).

Namun, Prita mengaku belum tahu seperti apa bentuk penyaluran dana kemanusiaan itu.

“Bentuknya nanti seperti apa, saya belum tahu. Yang jelas, saya akan duduk bareng dulu dengan koordinator pengumpulan koin keadilan untuk membicarakannya,” ujar ibu 2 anak ini.

Prita yang mengenakan baju dan celana jins warna biru dan kerudung warna abu-abu ini tampak sumringah. Dia didampingi koordinator Koin Peduli Keadilan Yusro Santoso dan Deputi Gubernur BI Budi Rochadi.

Prita mengaku mendapat tambahan dana dan cek dari beberapa rekan dan donatur. “Ada beberapa cek seperti dari Fahmi Idris dan Wahid Institute. Dari Fahmi, kalau tidak salah Rp 100 juta,” kata Prita.

“Sehingga kalau ditambahkan semuanya, jumlah rekening saya yang tercatat di Bank Mandiri ada Rp 810.940.402,” lanjut dia.

Selain itu, Prita menerima koin dan uang kertas berbentuk dollar, euro, bath, ringgit dan koin Timezone. Uang kertasnya ada 5 lembar dan uang logamnya 1.599 keping.

“Kalau seumpama nanti Mbak Prita mau dirupiahkan, BI akan membantu. Nanti, kita akan tukar di valas. Karena BI tidak mengurusi itu,”? kata Budi Rochadi.

Sumber : daily news



No Responses Yet to “Total Koin Prita Rp 810 Juta, Disalurkan untuk Dana Kemanusiaan”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: