Hujan Angin Diprediksi Landa Jabodetabek 5-7 Januari

05Jan10

BMKG memperkirakan hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan melanda Jabodetabek. Cuaca ekstrem ini akan terjadi pada 5-7 Januari 2010.
?
Dalam rilisnya, Selasa (5/1/2010), BMKG menyatakan, cuaca ekstrem juga diperkirakan melanda pesisir barat Sumatera,? Sumatera bagian utara, tengah dan selatan, Kalimantan bagian barat dan timur, sebagian besar Pulau Jawa, Sulawesi bagian selatan dan tenggara,?? Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian utara dan Papua bagian tengah.

Fenomena ini terjadi? karena adanya tekanan rendah di beberapa wilayah Indonesia yaitu di Laut Timor sebelah Tenggara NTT dan Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung.

Selain itu juga timbul pusaran angin tertutup di perairan sebelah barat Sumatera bagian utara yang mempengaruhi pertumbuhan awan hujan di Indonesia.

Pumpunan angin yang memanjang dari Sumatera bagian selatan hingga ke Laut Banda juga mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah itu.

Kondisi suhu muka laut di perairan Indonesia yang masih cukup hangat juga mendukung suplai uap air di beberapa wilayah Indonesia. Tingginya? aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari juga mendukung aktivitas atmosfer berskala lokal.

Hal ini akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

sumber : Berita Dalam Negeri



No Responses Yet to “Hujan Angin Diprediksi Landa Jabodetabek 5-7 Januari”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: