Menkeu Masih Pakai Mobil Dinas Lama

05Jan10

Menkeu Sri Mulyani ternyata masih menggunakan mobil dinas yang lama. Padahal selaku bendahara negara, dia pejabat teknis yang punya wewenang mencairkan uang negara pengadaan mobil dinas baru.

Wartawan mendapati Sri masih saja menggunakan mobil dinas yang lama di Istana Negara, Selasa (5/1/2010). Di sana dia mengikuti penyerahan DIPA 2010 kepada pada menteri oleh Presiden SBY.

Tentu saja penggunaan mobil dinas lama tersebut jadi menarik perhatian. Mengingat sebagian besar pejabat tinggi negara sudah menggunakan mobil dinas yang baru.

“Kamu mau saya beri yang baru?” balas Sri Mulyani ditanya mengapa dia belum memakai mobil dinas baru.

Mobil dinas lama para menteri adalah sedan Toyota Camry 3.0 V warna hitam yang telah ‘bertugas’ sejak lima tahun silam. Sedangkan yang baru adalah sedan Toyota Crown Royal Saloon, sama seperti yang dipakai oleh tiga kepala staff TNI selama ini.

Pengadaan mobil dinas baru tersebut belakangan menjadi polemik terkait harganya per unit yang Rp 800 juta. Bila termasuk pajak yang meskipun kembali ke kas negara, harga totalnya mencapai Rp 1,3 milyar.

Polemik bertambah panas setelah ICW mengungkapkan bahwa proyek pengadaan 150 unit mobil dinas baru tersebut menyalahi peraturan menteri keuangan RI. Di dalam peraturan itu dinyatakan bahwa harga maksimal mobil dinas pejabat negara adalah Rp 400 juta per unit.

sumber : berita politik



No Responses Yet to “Menkeu Masih Pakai Mobil Dinas Lama”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: