Investor Terdaftar di Pasar Modal Ditargetkan Naik 10% di 2010

13Jan10

Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan akan ada kenaikan investor terdaftar di pasar modal sebesar 10% pada tahun 2010 ini atau kurang lebih sama dengan kenaikan tahun 2009 lalu. Sepanjang 2009 lalu telah ada kenaikan investor terdaftar di lantai bursa yang mencapai 370.000 investor.

“Jumlah investor yang terdaftar itu baru 370.000, itu sudah naik 10%,” kata Direktur Utama BEI Ito Warsito dalam acara kerjasama BEI dengan HIPMI, di kantonya, Rabu (13/1/2010).

Ia mengatakan dengan mencermati gairah pasar saat ini, kenaikan investor sebesar 10% sangat mungkin terjadi pada tahun ini atau sama dengan kondisi 2009 lalu.

Dikatakannya kerjasama BEI dengan HIPMI yang pagi ini berlangsung, bertujuan untuk mendorong pelaku pengusaha di Tanah Air untuk lebih memahami pasar modal. Juga mendorong anggota Hipmi sebagai investor maupun melakukan listed dilantai bursa dan melakukan diversifikasi jenis usaha di pasar modal.

“Meningkatkan kerjasama investor sebesar 2 juta investor. Paling tidak target dari invesor terdaftar 2,3 juta investor yang merupakan 1% dari jumlah penduduk Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan partisipasi penduduk Indonesia di pasar modal sangat jauh tertinggal dengan negara-negara tetangga lainnya di ASEAN. Misalnya ia mencontohkan sebanyak 15% penduduk Malaysia sudah aktif menjadi investor di pasar modal, sedangkan Singapura hampir mencapai 50%.

“Indonesia dari sisi itu masih ketinggalan. Saya optimis artinya pertumbuhan? di Indonesia masih sangat potensial,” jelas Ito.

Sumber : berita bisnis



No Responses Yet to “Investor Terdaftar di Pasar Modal Ditargetkan Naik 10% di 2010”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: