Ekonom: China Pasar Menjanjikan

18Feb10

Ekonom UI, Chatib Basri optimis Indonesia dapat menjadikan China sebagai sebuah pasar yang menjanjikan dalam era perdagangan bebas ASEAN-China (AC-FTA).

Hal ini dikatakannya dalam seminar bertajuk Prospek Ekonomi Indonesia 2010 yang diadakan Modernisator, Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (17/2).

Keoptimisan Chatib, yang kini juga menjabat staf Ahli Menteri keuangan , dinyatakannya ditengah suara-suara pesimis dari beberapa kalangan dalam memasuki perdagangan bebas tersebut.

Walaupun demikian dirinya juga memahami bahwa dalam sebuah perdagangan sangat langka ditemui keunggulan dalam seluruh sektor.

”Dalam Free Trade tidak semua sektor bisa menang. Namun kita bisa mengunggulkan sektor-sektor tertentu, dan justru itulah yang membuat perdagangan dapat terjadi” ujarnya.

Oleh karena itu ia menawarkan solusi kebijakan untuk hal ini dalam konteks indonesia adalah dengan merubah pola persaingan produksi yang selama ini berorientasi pada produk kebutuhan (Design Product), menjadi pola persaingan produk berdasarkan produk unggulan (Original Product).

Dalam hal ini Chatib mencontohkan dengan produk tekstil lokal, terutama batik, yang memiliki potensi lebih unggul dibanding China. Ia mengatakan mengatakan bahwa ekspor batik Indonesia ke China selama ini mencapai 15% dari total keseluruhan. Maka dengan adanya penurunan tarif ini diyakininya dapat makin meningkat.

Oleh karena itu ia berpendapat bahwa pemerintah perlu menunjang kebijakan menyangkut perbaikan infrastruktur, dan profit margin.

Selain itu ia menganggap faktor politis dari masyarakat lokal, maupun faktor politis dari pihak pembuat undang-undang (parlemen) juga menjadi penghambat dalam proses transformasi pola produksi sebagaimana disebuatkan diatas.

Sehingga ia berkesimpulan, bahwa hal yang mungkin dilakukan untuk sementra waktu adalah mengkampanyekan ide-ide inovatif dalam perubahan pola tersebut dalam masyarakat.

Sumber : berita ekonomi



No Responses Yet to “Ekonom: China Pasar Menjanjikan”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: