Perundingan Perdamaian Afghanistan Diselenggarakan Di Maladewa

18Feb10

Wakil-wakil pemerintah Afghanistan dan Taliban melakukan perundingan secara diam-diam bulan lalu di daerah wisata Maladewa, kata satu sumber, Rabu.

Utusan-utusan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bertemu dengan paling tidak tujuh anggota yang dekat denganTaliban untuk membicarakan rekonsiliasi nasional menjelang pertemuan internasional London 28 Januari untuk membicarakan Afghanistan.

“Pertemuan itu dilakukan di pulau wisata Bandos , tetapi pemerintah Maladewa tidak terlibat langsung dalam diskusi-diskusi itu,” kata satu sumber yang dekat dengan pemerintah Maladewa kepada AFP.

Ia mengatakan tidak ada hambatan hukum bagi orang-orang yang punya kaitan dengan Taliban itu untuk memasuki kepulauan Samudra India karena nama-nama mereka tidak masuk dari daftar hitam perjalanan yang dikeluarkan PBB baru-baru ini.

“Pertemuan itu pada tingkat pejabat rendah. Akan tetapi pemerintah Maladewa mendukung setiap proses perdamaian dan menginginkan terwujudnya perdamaian di Afghanistan dan di Pakistan,” kata sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

Maladewa, sebuah negara pulau di Samudra India terkenal dengan pantainya yang berpasir dan air yang berwarna biru-hijau itu, juga menjadi tuan rumah para pemimpin pemberontak Macan Tamil dari Sri Lanka dalam perundingan perdamaian dengan Kolombo yang gagal tahun 2002.

Hasil dari pertemuan para wakil Taliban dan Afghanistan di Maladewa itu tidak segera diketahui tetapi sumber-sumber resmi mengatakan niat itu telah mendorong dukungan bagi usaha-usaha rekonsiliasi Karzai.

Dalam pertemuan di London negara-negara dunia setuju bahwa Afghanistan harus meningkatkan kekuasan atas keamanannya sendiri mulai akhir tahun ini dan mendukung rencana Karzai untuk memberikan pengampunan kepada gerilyawan Taliban yang menyerahkan senjata mereka.

Hal penting dari usulan-usulan penting Karzai itu yang disambut baik oleh konferensi London. adalah dana yang didukung internasional untuk membujuk para pejuang Taliban yang moderat untuk meletakkan senjata mereka dan memberikan imbalan pekerjaan kepada mereka.

Akan tetapi , Taliban menyebut konferensi London yang diselenggarakan setelah pertemuan Maladewa itu, sebagai membuang waktu.

Afghanistan menuduh Pakistan menampung gerilyawan Taliban dan kelompok Al Qaida yang memerangi pemerintah Karzai dan menyerang pasukan internasional yang mendukungnya selama hampir delapan tahun perang .

Sumber : berita luar negeri



No Responses Yet to “Perundingan Perdamaian Afghanistan Diselenggarakan Di Maladewa”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: