Inggris Tangkap Buronan Spanyol

15Mar10

Polisi Inggris hari Minggu menangkap seorang pria berusia 29 tahun yang diburu pihak berwenang Spanyol atas tuduhan melakukan pelanggaran terorisme, kata polisi.

Laporan-laporan pers Inggris mengatakan, pria itu dituduh sebagai anggota kelompok separatis Basque ETA namun polisi belum bisa memastikan hal itu.

Anggota-anggota satuan ekstradisi kepolisian London menangkap Garikoitz Ibarlucea Murua di distrik Soho, London, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Menurut pernyataan itu, ia “ditangkap untuk pihak berwenang Spanyol sesuai dengan surat perintah penangkapan Eropa yang menuduh pria itu melakukan pelanggaran terorisme”.

Seorang juru bicara kepolisian tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai latar belakang Ibarlucea Murua atau apa tuduhan yang dikenakan terhadapnya.

Ia akan dihadapkan ke sebuah pengadilan di London pada Senin.

Spanyol dan Perancis bekerja erat untuk menumpas ETA, yang bertanggung jawab atas kematian ratusan orang dalam perang gerilya 41 tahun mereka untuk mendirikan negara merdeka Basque di wilayah-wilayah Spanyol utara dan Perancis baratdaya.

ETA, yang beberapa waktu lalu memperingati setengah abad kelahiran mereka, dibentuk pada 31 Juli 1959 oleh sebuah kelompok nasionalis mahasiswa sayap kiri yang menentang kediktatoran sayap kanan Jendral Francisco Franco, yang menindas bahas Basque.

Pasukan keamanan memperkirakan bahwa kelompok separatis itu, yang melemah akibat penangkapan para pemimpin tinggi mereka dan telah lama relatif tidak aktif, berusaha melakukan unjuk kekuatan untuk membuktikan bahwa mereka masih bisa melancarkan serangan terhadap pemerintah Spanyol dan menjaga semangat para pendukungnya.

Meski sebagian besar penduduk Basque tampaknya mendukung kemerdekaan bagi wilayah pegunungan itu, yang sudah memiliki otonomi besar, dukungan bagi kekerasan menurun dalam beberapa tahun terakhir ini.

Serangan fatal terakhir yang dituduhkan pada ETA terjadi pada Juni, ketika sebuah bom mobil menewaskan seorang polisi anti-teroris di kota Bilbao, Basque.

ETA dituduh bertanggung jawab atas kematian lebih dari 800 orang dalam operasi kekerasan mereka selama puluhan tahun untuk kemerdekaan Basque.

Para analis mengatakan, ETA kehilangan dukungan bagi perjuangan mereka melalui kekerasan, namun pengumpulan pendapat umum menunjukkan mayoritas penduduk Basque mungkin masih menginginkan kemerdekaan wilayah itu dari Spanyol.

Pada April, polisi menangkap tersangka komandan utama ETA Jurdan Martitegi, sehingga jumlah komandan mereka yang ditangkap menjadi empat orang dalam waktu kurang dari setahun.

Pemerintah Sosialis Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero menghentikan perundingan perdamaian dengan ETA setelah pemberontak tersebut membunuh dua orang dalam serangan bom mobil di bandara Madrid pada Desember 2006.

Sumber : berita internasional



No Responses Yet to “Inggris Tangkap Buronan Spanyol”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: