KPK dan DPR Saling Mengancam ?

15Mar10

Setelah DPR menetapkan adanya masalah hukum dalam pemberian dana talangan kepada Bank Century melalui Sidang Paripurna awal Maret 2010 lalu, maka DPR berharap kasus tersebut dapat segera ditangani oleh penegak hukum, termasuk KPK. Namun rupanya DPR menilai KPK lambat mengusut kasus tersebut, sehingga muncullah ancaman DPR bagi KPK, pemotongan anggaran!

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil, anggota fraksi PKS, menyatakan pada hari Minggu (14/03) kemarin bahwa KPK yang terkesan tidak bernafsu menindaklanjuti sejumlah rekomendasi panitia angket Century DPR yang diduga kuat mengarah ke tindak pidana korupsi. Apa lagi dari pihak KPK, yaitu Plt Ketua KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean menyatakan rekomendasi DPR bukan alat bukti, tentu hal tersebut menimbulkan kegusaran Komisi III DPR RI.

Namun Wakil Ketua KPK, M Jasin pada hari Minggu (14/03), menyatakan bahwa KPK akan tetap bekerja seperti biasa jika memang terjadi pemotongan anggaran. Namun memang kemungkinan hasil pencapaian juga akan bisa berkurang, demikian tambahan dari M Jasin.

Bagi kita, masyarakat yang mengharapkan kinerja pemerintah berjalan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat dan keadilan hukum, maka diharapkan tidak terjadi saling mengancam antar sesame lembaga yang sangat dibutuhkan Negara ini.

DPR sebagai wakil rakyat tentunya dapat menahan diri. Sekalipun kewenangan DPR terbatas dalam kasus Bank Century, sebatas penyelidikan dan rekomendasi hukum, maka seyogyanya melapangkan dada untuk menyerahkan kasus ini kepada lembaga penegak hukum, termasuk KPK.

Jika memang KPK terkesan lambat, tentunya pihak DPR dapat menanyakan secara langsung atau memanggil pihak KPK untuk datang dan menjelaskan duduk persoalannya. Misalnya dengan menanyakan rencana kerja KPK untuk pengusutan kasus Bank Century ini.

DPR tidak perlu takut, karena masyarakat saat ini juga sudah dapat menilai kinerja lembaga-lembaga negara dan parlemen. Tentunya masukan masyarakat akan mendukung pelaksanaan pengusutan kasus Bank Century ini sampai tuntas.

Mari kita sama-sama menghormati proses hukum yang dijalankan untuk keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : berita terbaru



No Responses Yet to “KPK dan DPR Saling Mengancam ?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: