AS Pangkas Kompensasi Bos Perusahaan Bailout

24Mar10

Presiden AS Barack Obama Selasa memerintahkan pembayaran kompensasi eksekutif pada perusahaan-perusahaan “bailout” (mendapat dana talangan) utama dipotong sebesar 15 persen, di tengah kemarahan pemilih atas pembayaran Wall Street.

Kenneth Feinberg mengatakan, 119 eksekutif di AIG, Chrysler, Chrysler Financial, General Motors dan mantan unit keuangan bermasalahnya GMAC akan melihat uang tunai kompensasi mereka dipotong sepertiga dan total gaji mereka dipotong sebesar 15 persen dibanding tahun lalu.

Semua lima perusahaan penerima uang pembayar pajak untuk bertahan selama krisis keuangan, yang terus membebani pemulihan ekonomi AS.

Feinberg juga mengirim surat ke lebih dari 400 perusahaan yang memperoleh talangan pemerintah sebelum Februari 2009, meminta mereka untuk mengungkapkan rincian 25 eksekutif terutama yang menerima gaji tahunan lebih dari 500.000 dolar.

Ini menandai pertama kali pemerintah akan melihat ke dalam upah pada sebuah dewan yang luas dari perusahaan yang mengambil dana talangan pemerintah.

Namun daftar berisi beberapa nama akrab dari krisis keuangan termasuk; American Express, AIG, Bank of America, Chrysler, Morgan Stanley, Citigroup, General Motors, JP Morgan Chase, Bank of New York Mellon dan Wells Fargo.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Keuangan mengatakan kajian Feinberg akan “menentukan apakah pembayaran bertentangan dengan kepentingan umum – dan, jika setiap pembayaran diidentifikasi, akan berusaha untuk merundingkan penggantian biaya ke pemerintah federal.”

Ini adalah terbaru dalam serangkaian perintah tinjauan gaji oleh pemerintahan Obama, yang telah mencela budaya membayar bonus besar eksekutif di perusahaan gagal.

Para pengecam mengatakan, pembatasan gaji pada perusahaan-perusahaan bailout menghentikan mereka dari penarikan bakat terkemuka.

Dalam pernyataan yang mengumumkan langkah-langkah 2010, Kementerian Keuangan — dimana Feinberg berbasis – mengatakan 84 persen dari eksekutif termasuk yang berkuasa tahun lalu tetap pada perusahaan mereka.

Sumber : bisnis



No Responses Yet to “AS Pangkas Kompensasi Bos Perusahaan Bailout”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: