Menlu Brazil: Negara Ketiga Solusi Bagi Isu Nuklir Iran

24Mar10

Kebekuan jalan ke luar yang dihadapi negara-negara Barat dan Iran dalam masalah program nuklir Teheran masih bisa diselesaikan, kata Menteri Luar Negeri Brazil Celso Amorim.

Kebekuan itu bisa dicairkan lewat penggunaan negara ketiga sebagai tempat pertukaran uranium, katanya di Rio de Janeiro, Selasa.

Brazil menekankan pentingnya perundingan dengan Iran tetap dibuka walaupun negara-negara utama Blok Barat terus berupaya melahirkan sanksi baru bagi Iran di Dewan Keamanan PBB.

Presiden Luiz Inacio Lula da Silva menyambut kunjungan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad ke Brazil tahun lalu. Sebagai kunjungan balasan, Presiden da Silva berencana ke Teheran pada Mei mendatang.

Rencana itu memunculkan kekhawatiran kubu Barat namun Brazil, yang duduk di Dewan Keamanan PBB, menegaskan bahwa sanksi atas Iran justru kontraproduktif. Sebaliknya, jalan ke luar yang patut adalah dialog.

Menlu Celso Amorim menolak bahwa Brazil memiliki “hubungan khusus” dengan Iran.

Menurut dia, keyakinan Brazil bahwa kesepakatan pertukaran uranium yang diusulkan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) masih mungkin dicapai lewat perundingan menjadi satu-satunya perbedaan negaranya dengan Blok Barat.

Berdasarkan perjanjian IAEA tersebut, Iran akan menukarkan uranium hasil pengayaannya dengan bahan bakar nuklir produksi asing untuk mendukung pembangkit nuklir medisnya.

Setelah awalnya sepakat, Pemerintah Iran mengatakan ia lebih suka membeli bahan bakar baru daripada mengirim stok uranium hasil prosesnya ke luar negeri. Langkah Iran ini kemudian ditolak.

Menurut Menlu Celso Amorim, Iran tidak percaya pada “sejumlah negara”. Sebaliknya “negara-negara” itu pun tidak percaya pada Iran.

“Lalu apa solusinya? Seperti dalam transaksi pribadi, perlu ada negara ketiga yang bisa dipercaya,” katanya kepada wartawan setelah bertemu Kepala IAEA yang baru, Yukiya Amano, di Rio de Janeiro.

Sumber : berita internasional



No Responses Yet to “Menlu Brazil: Negara Ketiga Solusi Bagi Isu Nuklir Iran”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: