Pembom Bunuh Diri Tewaskan 38 Orang di Pakistan

06Apr10

Seorang pembom bunuh diri menewaskan 38 orang dan mencederai lebih dari 100 orang lainnya di tempat satu acara yang diselenggarakan partai politik terkemuka di Pakistan barat laut, Senin, kata polisi.

Pembom bunuh diri itu menyerang tempat acara terbuka di Timargarah, kota utama di distrik Dir Hulu, tempat pasukan Pakistan melancarkan serangan besar-besaran terhadap gerilyawan Taliban tahun lalu.

Lima ledakan juga terdengar Senin siang di Peshawar, kota utama di Pakistan barat laut, tetapi penyebab ledakan itu tidak segera diketahui.

Penduduk di Timargarah mengatakan bom itu meledak dekat panggung pertemuan politik dan polisi kemudian mengkonfirmasikan itu adalah serangan bunuh diri.

“Kami menerima 30 mayat,” kata dokter Wakeel Ahmed, kepala rumah sakit utama di Timargarah kepada AFP. “Lebih dari 100 orang lainnya cedera. Sebagian besar mereka berada kondisi serius. Saya masih mengirim ambulan-ambulan.”

Kepala polisi Timargarah Mumtaz Zareen mengemukakan kepada AFP itu adalah serangan bunuh diri dan menambahkan: “Pria itu datang berjalan kaki dan meledakkan bom yang dibawanya,”

Partai Nasional Awami (ANP), partai politik sekuler yang menguasai pemerintah di Provinsi Perbatasan Barat Laut menyelenggarakan pertemuan untuk merayakan rencana menggantikan nama provinsi itu menjadi Khyber -Pakhtunkhwa.

Nama baru itu untuk menghormati penduduk mayoritas etnik Pashtun di provinsi itu dan ditetapkan untuk menggantikan nama yang mulai digunakan semasa pemerintah kolonial Inggris.

“Partai kami telah menyusun satu hari bersyukur untuk merayakan penggantian nama itu setelah 200 tahun warisan penjajah,” kata juru bicara ANP Zahid Khan kepada stasiun televisi swasta Pakistan Geo televison.

Keamaman di beberapa bagian Pakistan rawan, di mana lebih dari 3.150 orang tewas dalam serangan bunuh diri dan ledakan bom dalam tiga tahun belakangan ini.

Sumber : berita terkini



No Responses Yet to “Pembom Bunuh Diri Tewaskan 38 Orang di Pakistan”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: