Timnas Italia Bukanlah Tim Uzur

26May10

Sepertiga dari skuad Italia diisi pemain yang mengantar Azzurri juara dunia tahun 2006. Kombinasi antara pengalaman para pahlawan dan semangat pemain muda jadi modal bagus untuk memeprtahankan gelar.

Pasukan tua. Itulah impresi yang muncul dari skuad Italia yang disiapkan menuju Afrika Selatan bulan depan. Ini tak lepas dari cukup banyaknya para pemain yang sudah berusia menginjak kepala tiga.

Gianluigi Buffon, Gianluca Zambrotta, Mauro Camoranesi, dan Andrea Pirlo adalah contohnya. Memang mereka berpengalaman karena empat tahun silam berhasil mengantarkan Negeri Calcio menjadi juara dunia. Namun faktor usia membuat mereka diragukan mampu mempertahankan gelarnya.

“Ya memang selalu ada keraguan tentang pemain-pemain yang dipanggil. Kami harus menghadapi suara-suara itu dan kami sudah tahu bagaimana cara mengantisipasinya,” tukas Zambrotta di situs FIFA.

Pemain berusia 33 tahun itu membantah bahwa skuad Italia merupakan tim uzur yang tidak akan mampu berbuat apa-apa di Piala Dunia nanti.

“Ini bukan tim yang terdiri dari pemain tua. Di skuad (sementara) ini ada sembilan pemain yang memenangi Piala Dunia empat tahun silam. Itu merupakan rasio yang bagus,” ujarnya.

“Skuad yang ada merupakan kombinasi antara pemain muda yang penuh semangat untuk menunjukkan bahwa mereka mampu dan pemain berpengalaman yang ingin melakukan hal terbaik, dan memenangi Piala Dunia dalam proses perjalanannya,” tukas pemain berusia 33 tahun itu.

Zambrotta menambahkan bahwa bagi Italia bisa mempertahankan gelar bukanlah merupakan sesuatu yang luar biasa. “Juara lagi bukanlah sesuatu yang ajaib. Itu pencapaian yang indah bagi kami. Di tahun 2006 kami paham bahwa sangat sulit (untuk juara) namun nyatanya kami mampu. Hari ini kami bertekad untuk melakukannya.”

“Secara pribadi saya juga tak merasa tua dan saya sangat bersemangat menyambut turnamen. Kaki-kaki saya masih punya banyak kekuatan dan siap berkontribusi penuh bagi tim, begitu pula rekan-rekan yang lain yang haus kemenangan,” tuntas eks pemain Bari dan Juventus itu.



No Responses Yet to “Timnas Italia Bukanlah Tim Uzur”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: