Bank Jabar Banten Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

14Jun10

PT Bank Jabar Banten kembali mencari dana guna memenuhi kebutuhan pendanaan kredit mereka, melalui penerbitan obligasi sebesar Rp 2 triliun. Rencana penerbitan obligasi ini telah disampaikan ke Bank Indonesia (BI) dan akan dilakukan triwulan-IV 2010.

Demikian disampaikan Direktur Utama Bank Jabar Banten, Agus Ruswendi dalam paparan publik penerbitan saham perdana (IPO) di Hotel Ritz Calton, SCBD, Jakarta, Senin (14/6/2010).

“Semester II, sekitar awal triwulan IV-2010, alokasinya Rp 2 triliun. Ini sesuai dengan rasio perhitungan dan risiko bisnis perbankan,” ujar Agus.

Ia menambahkan, penerbitan surat utang ini digunakan untuk memperkuat struktur permodalan dan dana untuk ekspansi kredit perseroan. Sepanjang tahun 2010 juga, rasio kecukupan modal (CAR) juga akan tetap dijaga di level 16-17%.

“Obligasi ini juga untuk mixing dana-dana yang ada di Bank Jabar Banten. Untuk (obligasi) subdebt ada kemungkinan juga,” katanya.

Tahun ini, perseroan juga menargetkan Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami pertumbuhan di level 25%, atau menjadi Rp 29.8 triliun.

“Pembagian akan terbagi menjadi merata, antara giro, tabungan, dan deposito. Sama-sama imbang,” ungkap Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko perseroan Herry Achmad Buchory.

Agus menambahkan, perseroan membidik pertumbuhan kredit sekitar 25% dari posisi tahun lalu Rp 19,6 triliun menjadi Rp 24,5 triliun. Sektor konsumsi masih menjadi andalan perseroan, yang sepanjang tahun 2009 tercatat mencapai 16,7% dari pasar di provinsi Jawa Barat dan Banten.

“Market share Bank jabar Banten juga mencapai 16,7% dengan total Rp 88,848 miliar. Perseroan akan pakai dari penggalangan IPO untuk ekspansi kredit. Nanti CAR kita akan naik, 20% pasca IPO dan akan kembali ke posisi 17% karena penggunaan ekspansi,” paparnya.

Sedangkan, posisi laba diprediksi akan terjadi pertumbuhan 30% dari Rp 709 miliar, sampai akhir tahun 2009 menjadi Rp 921,7 miliar.

“Kami yakin akan tercapai, dan hingga triwulan I ini sudah Rp 200 miliar,” imbuh Herry.

Sumber : bisnis di indonesia



No Responses Yet to “Bank Jabar Banten Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: