Gagal Bayar Korporasi Non-Finansial Bakal Turun Tajam

14Jun10

Tingkat gagal bayar perusahaan non-finansial di Asia-Pasifik (tidak termasuk Jepang) selama tahun 2010 diyakini turun tajam. Hal ini sejalan dengan berlanjutnya proses pemulihan ekonomi dan stabilnya psar kredit selama tahun 2010.

Menurut Moody’s Investor Services, turunnya tingkat gagal bayar korporasi non-finansial yang diperingkatnya, sudah diperlihatkan sejak awal tahun.

“Tingkat gagal bayar non-finansial diprediksi turun menjadi sekitar 3,5% hingga akhir tahun 2010 dibandingkan 17% di tahun 2009,” ujar Clara Lau, Moody’s Group Credit Officer dalam siaran persnya, Senin (14/5/2010).

Proyeksi itu sejalan dengan tingkat gagal bayar global yang diprediksi turun menjadi 2,4% hingga akhir 2010, dibandingkan 13% di akhir tahun 2009.

“Skenario ini berdasarkan asumsi Moody’s bahwa pemulihan ekonomi terus berlanjut dan secara umum stabilnya aliran kredit selama tahun 2010,” imbuh Lau.

Pada tahun 2009, tingkat gagal bayar korporasi non-finansial melonjak tajam hingga 11 kasus, dengan volume mencapai US$ 3,5 miliar, meningkat tajam dibandingkan tahun 2008 yang hanya US$ 100 juta. Angka itu juga lebih buruk dibandingkan periode 2004-2007 ketika tidak ada satupun kasus gagal bayar.

Namun dengan kondisi perekonomian Asia Pasifik yang lebih baik, dan juga pasar kredit yang mulai pulih, tingkat gagal bayar korporasi non-finansial akan lebih baik.

“Selanjutnya, peringkat yang lebih baik di 2010 dan merefleksikan trend stabilitasasi kredit memberikan kontribusi pada proyeksi turunnya gagal bayar. Rata-rata peringkat untuk korporasi penerbit yang berperingkat tinggi adalah ‘B1’, satu tingkat lebih tinggi dari tahun lalu,” urai Lau.

Sumber : berita ekonomi



No Responses Yet to “Gagal Bayar Korporasi Non-Finansial Bakal Turun Tajam”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: