Hatta: TDL Tak Naik, APBN Jebol Rp 5 Triliun

14Jun10

Menko Perekonomian Hatta Rajasa khawatir APBN-P 2010 akan jebol hingga Rp 5 triliun, jika tidak diberlakukannya kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 10% pada 1 Juli mendatang.

“(TDL) per 1 Juli harus selesai kalau tidak APBN kita bisa jebol, kalau tidak ada tambahan Rp 5 triliun,” ujarnya di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (14/6/2010).

Seperti diketahui, dalam APBN-P 2010 yang diputuskan pada awal Mei lalu, subsidi listrik yang dianggarkan mencapai Rp 54 triliun. Untuk itu, diperlukan kenaikan TDL sebesar 10% untuk menutupi kebutuhan PLN akibat pengurangan subsidi sekitar Rp 10 triliun dari APBN 2009 sebesar Rp 64,46 triliun.

Hatta mengungkapkan, jika APBN sampai jebol hingga Rp 5 triliun, Pemerintah tidak bisa mengajukan tambahan defisit atau mengajukan APBN-P untuk kedua kalinya karena hal tersebut melanggar mekanisme yang berlaku.

“Per 1 Juli kan itu harus sudah masuk, sudah harus selesai, karena APBN 2010 kan sudah diketok 10%, karena kalau tidak kan harus ada Rp 5 triliun lagi tambahan, kalau Rp 5 triliun tambahan lagi, nggak mungkin kan kita menaikkan defisit anggaran. Apa kita mau buat APBN-P lagi? APBN-P dua? Kan tidak, kita harus konsisten, kita harus jaga APBN kita prudent dan kredibel,” tegasnya.

Menurut Hatta yang perlu diperhatikan adalah skema pemberian subsidi listrik untuk masyarakat. Dia berharap skema tersebut bisa ditentukan sebelum masa reses anggota dewan pada pertengahan Juni mendatang, sebelum pemberlakuan kenaikan TDL 10%.

Sumber : news



No Responses Yet to “Hatta: TDL Tak Naik, APBN Jebol Rp 5 Triliun”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: