Kejagung Mengaku Tak Bisa Teruskan Penuntutan Kasus Asian Agri

14Jun10

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku sulit meneruskan kasus penyidikan pidana pajak Asian Agri Group ke tahap penuntutan. Banyak hal teknis terkait aturan perpajakan yang tidak sesuai dengan norma hukum.

Anggota Panja Perpajakan Komisi XI DPR Arif Budimanta mengungkapkan, hasil pertemuan antara Anggota Panja perpajakan dengan pihak Kejagung pekan lalu menyimpulkan kasus penyidikan pajak Asian Agri Group tidak bisa diteruskan ke tingkat penuntutan.

“Menurut Kejaksaan, secara hukum kasus Asian Agri tidak bisa diteruskan di Kejaksaan,” ujarnya saat ditemui di gedung DPR-RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/06/2010).

Arif menjelaskan banyak alasan teknis yang mendasari kasus penyidikan Asian Agri sulit untuk diteruskan ke tahap penuntutan.

“Banyak hal teknis seperti peraturan perpajakan, dan peraturan hukum acara pidana yang menjadi domain Kejaksaan,” jelasnya.

Namun, lanjut Arif, Panja Perpajakan tetap akan kembali memanggil manajemen PT Asian Agri Group guna membahas mengenai kasus perpajakan yang tengah dihadapi oleh perusahaan milik Sukanto Tanoto tersebut.

“Rapat kali ini, akan lebih banyak penguatan fakta dan data, serta bedah perkara Asian Agri Group,” tuturnya.

Seperti diketahui, dugaan penggelapan pajak Asian Agri Group (AAG) milik pengusaha Sukanto Tanoto menjadi kasus dengan nilai terbesar di tahun 2008 yang ditangani oleh Direktorat Jenderal Pajak. Asian Agri diduga merugikan negara hingga Rp 1,3 triliun.

Kasus tersebut belum juga terselesaikan, meskipun sudah 3 tahun terkatung-katung. Ditjen Pajak masih harus bolak-balik menyerahkan berkas tunggakan pajak Asian Agri.

Sumber : bisnis nasional



No Responses Yet to “Kejagung Mengaku Tak Bisa Teruskan Penuntutan Kasus Asian Agri”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: