Rusia Catat Kematian Pertama Akibat Folio Dalam Satu Dasawarsa

14Jun10

Rusia telah mengkonfirmasi kematian pertama di negeri itu akibat folio dalam lebih dari satu dasawarsa, kata pejabat tinggi kesehatan masyarakat di negeri tersebut pada Ahad, demikian laporan kantor berita Rusia, Interfax.

Seorang warga di negara bekas Uni Sovyet di Asia Tengah, Uzbekistan, meninggal akibat folio di kota Yekaterinburg di Pegunungan Urals pada awal Juni, kata Gennady Onishchenko sebagaimana dikutip. “Pemeriksaan telah mengkonfirmasi ini,” katanya.

Wanita jurubicara Onishchenko tak bisa dimintai komentar mengenai laporan tersebut, Ahad.

Polio secara praktis telah dihapuskan sebagai masalah kesehatan masyarakat di negara industri pada 1960-an, tapi tetap menjadi wabah di tujuh negara, demikian keterangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Rusia pada Mei mengkonfirmasi kasus pertamanya dalam 13 tahun pada satu bayi yang datang dari Tajikistan, tempat sedikitnya 12 orang telah meninggal akibat wabah polio tahun ini.

Kantor berita resmi Rusia, RIA Novosti dua pekan lalu melaporkan seorang pria Uzbekistan meninggal akibat polio di Yekaterinburg pada 4 Juni, tapi kantor Onishchenko tak bersedia mengomentari laporan itu sampai pemeriksaan tambahan di Moskow mengkonfirmasi diagnosis atas pria tersebut.

Onishchenko mengatakan empat kasus polio telah dikonfirmasi pada warga dari Asia Tengah dan dua kasus kemungkinan lain sedang diselidiki, demikian laporan Interfax.

Polio, yang menyebar di berbagai daerah dengan pemeliharaan kesehatan yang buruk, menyerang sistem syaraf dan dapat mengakibatkan kelumpuhan yang tak dapat diobati dalam waktu beberapa jam setelah penularan. Anak yang berusia tiga tahun adalah yang paling rentan.

Sumber : media online indonesia



No Responses Yet to “Rusia Catat Kematian Pertama Akibat Folio Dalam Satu Dasawarsa”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: